10 Langkah Mudah Membuat Situs Web Tahun 2022

Dengan munculnya jarak sosial dan bekerja dari rumah, semakin banyak bisnis yang online dan membuat situs web mereka sendiri. Faktanya, ada sekitar 1,5 miliar situs web di dunia saat ini.

Salah satu alasan utama untuk ini adalah bahwa hambatan untuk masuk rendah dan Anda dapat dengan mudah membuat situs web bisnis tanpa pengetahuan pengkodean. Dengan begitu banyak pembuat situs web yang tersedia, prosesnya sangat sederhana sehingga tidak diperlukan pengembang web.

Situs web khusus menawarkan banyak keunggulan dibandingkan saluran seperti Facebook dan Instagram, memungkinkan bisnis untuk menampilkan semua aspek merek mereka seperti yang mereka inginkan. Di situs web Cq9 anda juga dapat menikmati beberapa permainan judi online yang sudah terbukti aman dan terpercaya.

Ini dapat memberikan aliran informasi yang konstan kepada pelanggan yang tertarik dan memengaruhi proses pembelian.

Panduan pamungkas ini mencakup semuanya, mulai dari merencanakan dan menyiapkan situs Anda hingga meluncurkan situs web Anda dan menjangkau pelanggan pertama Anda.

Mari kita mulai sekarang.

1. Rencanakan Situs Web Baru Anda.

Antoine de Saint-Exupéry berkata, “Tujuan tanpa rencana hanyalah harapan.”

Ini sangat mudah. Sebelum Anda membuat situs web, Anda perlu merencanakan.

Rencana yang baik akan membantu Anda merancang elemen penting dari situs web yang mudah diingat.

Mulai brainstorming pada titik ini dan pikirkan hal-hal seperti:

  • Halaman dan bagian penting dari situs web Anda (peta situs).
  • Kepentingan utama sebuah situs web.
  • Topik yang ingin Anda liput
  • Pertimbangkan tekstur dan warna.
  • Judul dan subjudul wajib diisi.
  • Tata letak header, footer, subhalaman, dan bilah sisi.
  • Coba tebak, kirim pesan ke beranda.

2. Pilih Nama Domain Dan Logo.


Situs web Anda membutuhkan merek dan identitas. Menurut penelitian Nielsen, ada 500.000 merek dan lebih dari 2.000 kategori produk di seluruh dunia.

Tak perlu dikatakan bahwa sulit untuk membedakan diri kita dari pesaing kita. Bisnis harus memberi ruang di benak konsumen dengan elemen merek dan proposisi nilai yang unik.

Nama domain dan logo yang unik sangat berguna untuk ini. Kabar baiknya adalah banyak pembuat situs web yang memudahkan untuk menambahkan elemen pencitraan merek.

Mari kita ambil contoh Wix. Kami menangani persyaratan nama domain dan logo Anda.

Dapatkan domain pribadi dengan semua paket Wix kecuali yang gratis. Setiap paket premium menyediakan kupon domain gratis setelah pembelian.

3. Desain Situs Web.

Situs web Anda sering kali menjadi hal pertama yang dilihat oleh calon pelanggan. Desain yang buruk adalah penghalang utama bagi pembeli.

Faktanya, 75% kredibilitas situs web bergantung pada desainnya, dan 88% pengguna tidak akan pernah mengunjungi situs web lagi setelah pengalaman pengguna yang buruk. Oleh karena itu, Anda tidak dapat berkompromi dengan desain dan tata letak situs web Anda.

Seperti yang mereka katakan, “Kesan pertama adalah kesan terakhir”.

Demikian juga, situs web yang dirancang dengan baik membuat kesan yang baik di benak pelanggan potensial. Untungnya, ada banyak alat situs web yang dapat membantu Anda membuat situs web yang tampak hebat tanpa menyewa perancang web.

4. Tentukan Halaman Mana Yang Anda Butuhkan.

Langkah selanjutnya adalah menentukan halaman yang dibutuhkan website Anda. Sangat penting untuk memiliki rencana tindakan yang jelas dan gambaran yang jelas tentang apa yang Anda inginkan untuk dicapai oleh bisnis Anda.

Jadi bagaimana Anda mendefinisikan halaman yang selalu Anda butuhkan?

Setiap perusahaan adalah unik dan memiliki cerita yang berbeda untuk diceritakan. Halaman yang dibutuhkan bisnis Anda mungkin berbeda dari pesaing Anda.

5. Menggunakan Editor Drag-and-Drop.

Editor seret dan lepas membantu Anda merancang dan menyesuaikan situs web untuk bisnis Anda. Anda tidak perlu menjadi perancang situs web profesional atau pengetahuan teknis lainnya dengan editor ini. Ini sangat berguna untuk pemula tanpa keterampilan teknis dan memungkinkan Anda membuat situs web yang indah.

Ambil Wix, misalnya. Ini menyediakan editor drag-and-drop yang sangat intuitif untuk membantu Anda menyesuaikan desain situs web. Ini juga memberikan kontrol penuh kepada pengguna sehingga Anda dapat membentuk situs web Anda sesuai keinginan.

6. Bagaimana Mendapatkan Stok Fotografi Gratis.

Anda akan membutuhkan foto untuk hampir setiap halaman web. Anda membutuhkannya untuk beranda, sub-halaman, halaman arahan, dan untuk ikon dan pemberi pengaruh. Itulah mengapa Anda membutuhkan banyak foto menarik dan jenis grafik lainnya.

Untungnya, ada banyak sekali situs web di luar sana yang menawarkan banyak sekali stok foto gratis. Ada situs gratis dan berbayar. Bisnis baru sering menggunakan fotografi stok gratis untuk menghemat biaya tambahan.

7. SEO Situs Web.

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah salah satu tugas terpenting dalam membuat situs web. Tanpa SEO yang tepat, semua waktu dan upaya yang dihabiskan di situs Anda akan sia-sia jika Anda tidak mendapatkan lalu lintas. Untuk meningkatkan kehadiran online Anda, Anda memerlukan visibilitas di mesin pencari.

Jadi situs web Anda membutuhkan SEO yang tepat. Statistik menunjukkan bahwa 75% pengguna tidak menggulir halaman pertama hasil pencarian Google. Jadi jika Anda tidak berada di halaman depan, hanya 25% audiens yang tersisa yang dapat melayani Anda.

Juga, karena lebih dari 90% dari semua aktivitas online dimulai dengan mesin pencari, lalu lintas organik sangat penting untuk bisnis apa pun. Jadi, Anda perlu memastikan situs web Anda berada di peringkat pertama halaman itu sendiri.

8. Buat Blog Untuk Situs Web Anda.

Konten situs web Anda adalah salah satu faktor terpenting yang mengirimkan sinyal peringkat. Tak perlu dikatakan bahwa mesin pencari sangat bergantung pada konten.

Untuk membuat situs web untuk bisnis kecil Anda, lakukan tiga hal ini dengan benar:

Pastikan konten Anda unik.
Kami memperbarui konten kami secara teratur.
Konten Anda memberikan informasi yang relevan dan memberikan beberapa nilai kepada audiens target Anda.

9. Publikasikan Situs Web.

Akhirnya, Anda dapat mempublikasikan situs web Anda untuk dilihat secara online. Audiens target Anda sekarang dapat dengan mudah menemukan situs web Anda dengan memasukkan kata kunci yang relevan.

Seperti semua fitur lainnya, Wix memudahkan untuk mempublikasikan situs web Anda. Namun, Anda harus mempublikasikan situs web Anda setiap kali Anda mengubahnya. Jika tidak, perubahan tidak akan tercermin.

Saat Anda puas dengan situs web Anda dan akhirnya siap untuk memublikasikan, buka Wix Editor. Di sini Anda akan dibawa ke sudut kanan atas halaman yang bertuliskan ‘Publik’.

10. Siapkan Akun Email Anda.

Setiap bisnis memiliki pelanggan yang unik dan perlu berkomunikasi dengan mereka secara teratur.

Pemasaran email adalah cara termudah untuk menjangkau pelanggan.

Langkah pertama ke arah ini adalah membuat email khusus dan menyiapkan akun email profesional.

  • Kami sedang membangun hubungan saling percaya dengan pelanggan kami.
  • Email khusus terlihat profesional.
  • Ini memperkuat merek Anda.

Selain itu, alamat email bisnis yang tersedia sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, jika nama perusahaan Anda adalah Imperio, Anda dapat memilih nama domain seperti imperia.com. Anda dapat mengakses layanan Google lainnya seperti Google Spreadsheet, Drive, dan Kalender.

Baca Juga : Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membangun Situs Web?

Jelas, akun email profesional berfungsi sebagai bukti kredibilitas dan dapat membangun merek Anda dan secara signifikan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Statistik menunjukkan bahwa mengirimkan faktur melalui akun email profesional memiliki rasio klik-tayang dan tarif terbuka yang lebih tinggi daripada alamat email biasa. Ini berarti lebih banyak arus kas masuk yang penting untuk bisnis apa pun.

Hal baiknya adalah menyiapkan akun email bisnis di Wix sangat sederhana.