Membeli situs web lengkap: apa yang perlu diketahui?

Membeli situs web lengkap apa yang perlu diketahui

Membeli situs web yang sudah jadi berarti membeli situs web yang sudah berfungsi dan segala sesuatu yang menyertainya: domain, desain, konten, lalu lintas, dan peringkat. Dalam melakukan ini, Anda bertanggung jawab atas situs web, dan biasanya juga kontrak hosting web. Anda dapat mempertahankan kontrak sebagaimana adanya atau beralih ke penyedia lain. Tetapi membeli situs web yang sudah jadi tidak berarti Anda akan langsung mulai menghasilkan uang dan Anda hanya bisa duduk dan bersantai. Sadarilah bahwa setelah Anda membeli proyek, itu harus disesuaikan agar sesuai dengan strategi dan ide Anda.

Membeli situs web yang sudah jadi – pro dan kontra

Membeli situs web adalah cara yang baik untuk memajukan proyek online Anda sendiri. Baik tujuan situs web Anda adalah untuk mewakili perusahaan, toko, atau blog, mendapatkan situs web yang sudah ada sebelumnya berarti Anda tidak harus memulai dari awal. Melalui metode ini, Anda menghemat waktu dan tenaga dalam hal pengembangan dan pengaturan proyek web Anda. Situs web ini dilengkapi dengan basis pelanggan yang dikembangkan sehingga Anda dapat yakin bahwa situs tersebut akan mendapatkan lalu lintas. Semakin sukses situs web, semakin cepat menjadi menguntungkan dan Anda dapat mengembangkannya lebih lanjut dengan ide dan konsep Anda sendiri. Pada akhirnya, membeli situs web yang sudah jadi adalah investasi yang menghemat lebih dari sekadar waktu: tetapi juga memperlancar pengoperasian situs jika situs web yang dibeli terstruktur dengan baik.

Membeli situs web tidak selalu diperbolehkan karena pembelian memang memiliki risiko: Anda memerlukan modal ventura tertentu untuk berinvestasi di situs web yang sudah ada sebelumnya, yang secara signifikan lebih tinggi daripada untuk proyek baru. Uang tambahan, serta waktu, juga harus diperhitungkan dalam menyesuaikan situs web. Kompleksitas tugas tergantung pada seberapa banyak desain yang Anda rencanakan berbeda dari aslinya. Jika Anda banyak mengubah gaya situs web, itu bisa berdampak negatif pada pelanggan yang ada dan peringkat yang diberikan oleh mesin pencari (mis. Google). Anda harus menyadari bahwa Anda akan memiliki sedikit kesempatan untuk menerapkan dan memperluas pengetahuan Anda sendiri jika Anda membeli situs web yang sudah jadi daripada membuat sendiri.

Selain itu, Anda harus berurusan dengan masalah hak cipta terkait gambar, teks, serta konten buatan pengguna yang ada (misalnya komentar). Jika Anda menerima konten ini secara membabi buta, Anda mengambil risiko yang bisa kembali menghantui Anda suatu hari nanti. Sebelum Anda membeli situs web, Anda harus menilai nilainya. Bahkan setelah Anda memeriksa situs web dengan cermat, beberapa hasil analisis dapat menjadi tidak akurat atau bahkan palsu, sehingga selalu ada risiko residual.

Kriteria evaluasi untuk situs web

Kriteria evaluasi untuk situs web
Jika Anda ingin membeli situs web yang sudah jadi, Anda harus terlebih dahulu memeriksa informasi dasar dan nilai kinerja:

Nilai domain: seberapa cocok nama domain dengan proyek Anda dan berapa nilai domain di pasar? Anda dapat memperkirakan nilai domain di situs seperti siteprice.org atau sedo.com
Kinerja: jumlah pengunjung saat ini (lalu lintas), peringkat mesin pencari, tautan balik, dll., Dapat dianalisis dengan (kebanyakan) alat gratis seperti sameweb.com, alexa.com (Peringkat Alexa), atau sistrix.com. Ada kriteria untuk menunjukkan kepada Anda berapa banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai kelompok sasaran Anda

Desain/tata letak: apakah struktur dan tampilan situs web cocok untuk proyek Anda? Bisakah desain disesuaikan dengan ukuran layar yang berbeda (desain responsif RAENxxxx)?

Infrastruktur situs: bahasa skrip dan basis data mana yang menjadi dasar situs web yang ingin Anda beli? Apakah itu memuat dengan cepat? Anda memerlukan informasi ini untuk memperkirakan jumlah pekerjaan yang diperlukan untuk mengembangkan situs web. Penyebab waktu pemuatan yang lama dapat ditentukan dengan menggunakan alat seperti alat PageSpeed ​​​​Insights milik Google sendiri

Konten: periksa teks dan gambar di situs web Anda. Ada kemungkinan pengunjung situs web Anda memiliki pertanyaan tentang hak cipta elemen ini. Jika Anda adalah elemen, yang terbaik adalah membuat teks dan gambar baru dari awal, atau membelinya
Pendapatan: pemilik dapat mengungkapkan berapa banyak omset dan keuntungan yang dihasilkan situs web. Perkiraan dapat disimpulkan dari lalu lintas dan nilai kinerja lainnya

Berapa biaya sebuah situs web?

Ada banyak cara berbeda untuk membeli situs web. Ada pasar online khusus yang menawarkan dan melelang situs web yang sudah mapan. Pasar ini mudah ditemukan jika Anda mencarinya. Paket domain artinya alamat internet juga bisa dibeli jika tidak ingin membeli website yang lengkap. Atau, Anda dapat menulis langsung ke pemilik situs web untuk memberi tahu mereka bahwa Anda tertarik dengan penjualan. Periksa detail kontak untuk cara terbaik menghubungi pemilik situs.

Pasar online memberikan wawasan yang baik tentang berapa banyak uang yang harus diinvestasikan saat membeli situs web. Harga tergantung pada jenis situs web (toko, komunitas) serta kecanggihan teknis dan kinerjanya (pengunjung, peringkat mesin pencari keywoord pgsoft , dll.).

Baca juga artikel berikut ini : 5 Contoh Desain Situs Web yang Buruk dan Cara Membuatnya Lebih Baik